Kamis, 05 Agustus 2010

PEC, PSX Emulator Cheater

Sebelumnya saya  telah menulis tutorial tentang cara menggunakan Codebreaker pada psx emulator. Namun banyak dari teman - teman yang masih kebingungan dan banyak yang bilang, cara yang saya gunakan itu error. Ga tahu dech, padahal berkali-kali saya coba, ga cuma di satu komputer, PC di rumah, Laptop temen, warnet, semuanya berhasil. Ga percaya? Percayalah. Bahkan sebenarnya cara yang saya gunakan itu dikasih tahu sama temen saya.  Awalnya saya juga ga percaya juga sih, tapi nyatanya berhasil. Entah apa yang salah, tapi tak apalah!

Sejak article itu saya publish kemaren, banyak sekali pertannyaan dari temen-temen yang menanyakan tentang cara yang saya kasih tahu. Maaf ya kalo saya ga bisa jawab semua soalnya terkadang pertaanyaan dari temen-temen, saya sendiri juga ga ngerti, he he he. Nah, buat yang yang sudah baca tutorial saya yang kemarin dan berhasil menggunakan cara yang saya kasih tahu kemarin, selamet dech. Tapi buat yang belum berhasil menggunakan codebreaker pada psxemulatornya, jangan khawatir.  Setelah ber google ria dan menanyakan beberapa temen-temen saya yang sering maen game pake PSX Emulator, maka ketemulah sama applikasi yang namanya PEC, PSX Emulation Cheater. Dari namanya ajah udah ketahuan khan ini buat apa? Yup, buat ngecheat PSX Emulator! Fungsinya sama seperti Gameshark atau Codebreaker. Okey, kali ini saya akan kasih tahu cara menginstal, sekaligus menggunakannya. Jadi baca terus nih tutorial.

Pertama-tama sebelum kamu bisa mengisntal, pastinya kamu harus memiliki PEC nya dulu dong. Nah, kalo kamu belum punya, kamu bisa download di sini nih. Sizenya ga terlalu besar koq, cuman 1 MB-an. Nah, setelah kamu download PEC nya kini saatnya menginstal. Klik dua kali Pada
pecsetup.exe untuk memulai.

Setelah welcome screennya muncul, klik next ajah. Kemudian klik next lagi pada version information. Nah, setelah itu pilih folder tempat kamu menginstal PEC nya, kalo defaultnya tentu di C:/Program Files/psx emulation cheater, and klik next lagi. Sekarang kita akan diminta meletakan plugin PEC nya. Kamu harus memilih folder plugin pada PSX Emulator kamu.

Nah, misalkan kamu menginstal PSX emulator kami di C:/Program Files/epsxe, maka kamu harus memilih folder C:/Program Files/epsxe/plugin, klik OK, dan  next-next doang hingga instalasi selesai. Gampang kan? Emang kalo nginstal doang gampang, he he he he he. Lalu cara menggunakan? Gampang juga kok!

Okey biar lebih jelas, kita akan mencoba bermain sebuah game, lalu kita kita lakukan cheating dengan pec ini. Kali ini saya akan mencoba dengan Resident Evil 3 Nemesis. Terus terang saja, game ini ga susah-susah amat kalo dimainin tanpa cheat. He he he bercanda, susah! Dulu saya pernah bersusah payah namatin game ini sekali tanpa cheat. Beh, susah banget coy, walau dalam easy mode (cemen banget ya gua). Oke, udah cukup bacotnya. mari kita mulai.

Pertama buka dulu PEC yang kamu udah instal tadi. Kemudian, tinggal pilih aja dech, game sama cheat yang diinginkan. Kayak gini nih, simple bukan?


Kemudian, klik Send Cheat to Plugin, itu tuch tombol yang ada di kiri bawah. Langkah selanjutnya, masukan CD game ke CD/DVD room kamu trus buka PSX Emulator kamu dulu (saya menggunakan yang 1.6). Kita tidak langsung maen dulu. Perlu ada  setingan lagi. Klik Config dan  pilih video. Kemudian pilihlah video plugin  psx emulation cheater 2.5. Nah terus klik ok.

Kemudian klik file dan pilih Run CDROM. Tinggal kita jalanin aja game yang mau kita mainin. Waktu memilih cheat tadi pada Resident Evil Nemesis, salah satu cheat yang saya gunakan adalah "Have All Files", fungsinya buat mendapatkan semua file-file kayak petunjuk. Yang pernah maen Residen Evil 3 Nemesis pasti tahu dan jadinya kayak gini nih.


Nah, gampang kan? Sekarang kamu bisa mainin game psx yang kamu suka dengan cheat! Jadi ga perlu stres lagi gara-gara main  game. Semoga postingan yang kali ini ga ada error, atau kebingungan lagi dan bermanfaat buat kamu. Kalo masih menemukan masalah tinggal tinggalin ajah komentar. Semoga bermanfaat.

Tambahan
Entah kenapa, saya juga ga tahu, kalau kamu mau mainin game lewat ISOnya atau bukan dari CDROOM (file > run iso), kebanyakan game yang saya coba ga mau di cheat. Tapi jangan khawatir. Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu menginstal Aplikasi Alcohol 120%. Gunanya untuk menginstal Virtual CD/DVD room di komputer kamu. Kalo kamu belum punya, download aja di sini. Setelah kamu menginstalnya, Masuk ke My Computer dan akan terinstal sebuah Virtual DVD Drive. Klik kanan pada virtual drive itu kemudian pilih Mount Image. Pilih ISO nya game yang pengen kamu mainin. Eits, kita belum selesai. Kita perlu menkonfigurasi PSX emulatornya dulu.

Buka psx emulator kamu, trus pilh config > cdroom. Kemudian klik tombol configure. Pilihlah virtual drive yang barusan terinstal (letter virtual CD/DVD room tempat kamu nge Mount ISO), lalu tekan OK. Nah sekarang, jika kamu pengen main, kamu harus main lewat File > Run cdroom, dan tentunya kamu harus nge-Mount ISO gamenya kamu terlebih dahulu di Virutal CD/DVD.

34 komentar:

  1. ko epsxe saya ga da pil psx emulator cheat 2.5 nya pas bagian video konfignya ??? padahal versi epsxe nya jga pke 1.6????

    BalasHapus
  2. udah coba lewat alcohol 120%,,tetep ja ga bisa ,,the game in your drive is not the same as the one you selected..BlabLablA..
    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  3. klo cara buat sndri gameshraknya gmn atuh?

    BalasHapus
  4. tolong share cara pake game shark
    harvestmoon dunk..soal nya g ada di PEC nya ...

    Terima Kasih saya bntu Sundul Blog nya aja

    BalasHapus
  5. Kbtln sya dah coba pke pec wat hrvstmn bck to natre. D pec ga bkal ada cheat nya. Kmu buat dlu.caranya. Prtma,jalankn game hrvest mu,ktika main klik ctrl+G nantinya muncul pec. Kamu klik file-user. . . . . -add cheat-beri nama- d kolom bwah ada dua kotak,kamu masukin ketik cheat nya (tinggal search d gogle)-setlah semua cheat d ketik dan d add. Kamu contreng d kotak cheat nya kamu-klik ok d pjok bwah- klik d pjok kri bwah set to plugin-tunggu transfr data,game sukses d cheat,seperti max money.dll. Jika ada pertnyaan krm email z ke Apa_chaiyank@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. Pas udah ngebuat mount nya, malah ga bisa di baca.. padahal udh di setting sesuai suruhan anda, harus gmana nih? -,-

    BalasHapus
  7. aku udah bisa,....tapi kenapa diwaktu ngeplay gamenya jadi cuepet banget....so kalah terus deh..ada solusinya???

    tolongin kasi solusi donk
    sensdy_yadinamarii@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. boleh mint tlng ajarin gmna cara bikin disc image yg bener g ? soalnya ak udh berkali kli bikin, tapi sllu g kebaca am emulator ny, trus wktu ntar maount image gmn ? 1 lagi, d cd rom plugn kok g ad pilihan virtual disny y ? pdhl udh nginstal alcohol 120% ny, tp mmng yg trial sih, ak jg pnya daemon tools, mn yg cocok ni ?\ mkhs bnyk y

    BalasHapus
  10. saya udah coba mount file iso tapi tetap aja ga bisa di cheat, game digimon world tipe file bin, emu ePSXe.170 ada solusinya ga bos???

    BalasHapus
  11. Thanx`s Bgt gan, 1oo% work.

    BalasHapus
  12. Pluginnya gk ada yang PEC milih yang mana

    BalasHapus
  13. om Cara MEmakai nya gimana aku g jadi jadi

    BalasHapus
  14. Kalo Harvest moon Back To Nature pake pec bisa gak....

    BalasHapus
  15. gue udah coba game harvest moon btn. tpi kok gag bisa sih di pec?
    setelah gw klik yes pd kotak dialog, tertulis gag bisa. gmn dong??
    mohon bantuannya...

    BalasHapus
  16. gw udh coba pake pec. tetapi stelah klik ok kemudian yes, kaga' bisa. katanya. unable to save file. gmn dong? gue main game harvest moon.

    BalasHapus
  17. ko epsxe saya ga da pil psx emulator cheat 2.5 nya pas bagian video konfignya ??? padahal versi epsxe nya jga pke 1.6????


    Sama -,-

    BalasHapus
  18. PEC nya bisa ndak digunakan utk emulator pSX v 1.13 (psxfin)?? klo bisa gmn ya caranya??

    BalasHapus
  19. buat temen" yg ga bisa.. ini bukan pake PSX yg 1.6, tapi yg 1.7. dijamin ada confignya....

    BalasHapus
  20. ane mw ya ni... kok stiap add cheat sendiri d PEC kok gk mw nyimpen y??? jd stiap maen kudu ngisi trus... gmn ni?? tolong dong gan...

    BalasHapus
  21. Thanks Gan Work 100000000%

    BalasHapus
  22. gan ko gw gk ada sih di videonya knpa y ??trus ini make epxe yg brpa gan tolonh pencerahannya...thx....^^

    BalasHapus
  23. Masbroh, gua pkenya PSX yg 1.13, kgak ada confignya. Cuma ada File, Quicksave, ama Debug. Bejimana nih masbroh, gua kgak bisa nge-cheat jdinya, Tolong ksih tau yak masbroh!

    BalasHapus
  24. sama nih. aku juga pake psx 1.13. setiap main q cuma pake itu. sebenarnya ada sih epsxe 17.0. tpi klo mo di buka gamenya (lewat iso,bin, dkk) psti yg kluar malah black screen (layar hitam) gk ada yg terjadi. yg parahn ya lagi gua kira lagi proses. eh ternyata gua tidur n pas bangun masih layar hitam. parah nih (kok malah curhat sih. eit. back to the topic) jadi bagai mana nih???????

    BalasHapus
  25. biasanya epsxe yang bisa di cheat cuma yang 1.6 doank

    BalasHapus
  26. ko gw ga bisa masuk ke permainan nya,gw ada nya 2.5 nih PEC nya

    BalasHapus
  27. Gan, gua udeh donlot nih,
    epsxe 1.7+bios+pec jga udeh ada,
    nah masalahnya, pas gua mau nyetting di video plugin gaada tuh pec nya.
    Apa masukkin dulu?
    Gimane caranya nih.. Gangerti ngutak-ngatik tetep gabisa, apa epsxenya kurang bagus ye?

    BalasHapus
  28. gan, hmbtn yg gue main malah gak mau di load, ntu gara-gara pec tuh,,, gmna nih gan,,,,,

    BalasHapus
  29. kalo ada tulisan the game in your drive is not the same as not the one you selected kenapa ya?

    BalasHapus
  30. klo pas nge add cheat trus ada keluar pop up kaya gini gmn gan???
    C\Program files (x86)\psx emulation cheater\user.inf

    BalasHapus