Minggu, 14 April 2013

Cara Mempercepat Android Emulator Pada Eclipse Dengan Android x86

Jika anda pernah atau sedang membangun sebuah aplikasi Android dengan menggunakan IDE Eclipse, anda mungkin merasa sedikit kesal ketika anda ingin meng-compile aplikasi anda dan menjalankannya di emulator. Proses meng-compile di Emulator memang sangat lambat dan sering lag apalagi performa emulator tidak sebagus dengan perangkat Android yang sebenarnya. Mungkin anda berpikir spesifikasi komputer anda tidak memadai untuk membangun aplikasi Android di dalamnya. Anda tidak sepenuhnya benar, karena performa emulator pada Eclipse yang anda jalankan memang benar-benar lambat, jadi bukan sepenuhnya kesalahan komputer yang anda gunakan. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses compile. Anda bisa menggunakan perangkat Android anda dengan menghubungkan perangkat Android anda dengan komputer atau menggunakan Android x86 yang dijalankan dengan menggunakan Virtual Box sebagai emulator.

Menggunakan Virtual Box sebagai emulator membut proses compile anda sangat jauh lebih cepat daripada anda menggunakan emulator pada Eclipse. Jadi proses pengembangan aplikasi anda akan jauh lebih cepat dan mudah.  Pada tulisan ini saya akan menjelaskan tahap demi tahap untuk dapat menggunakan Android x86 sebagai emulator anda.


Langkah pertama, anda memerlukan Virtual Box dan image Android x86. Jika Virtual Box belum terinstall pada komputer anda anda bisa mengunduhnya dengan gratis di https://www.virtualbox.org/ dan untuk image Android x86 silahkan unduh di https://code.google.com/p/android-x86/downloads/list

Saya asumsikan anda telah berhasil menginstall Virtual Box pada komputer anda. Sekarang buatlah sebuah Virtual Machine baru dengan rincian sebagai berikut:


Name : Android
Type : Linux
Version : Linux 2.6
Memory: 256 MB
Hard Drive : 8GB

Setelah anda berhasil membuat sebuah Virtual Machine baru dengan spesifikasi seperti di atas, tahap selanjutnya adalah mengemulasikan Android x86 yang telah anda download tadi pada Virtual Box. Klik Virtual Machine Anda kemudian klik Setting -> Storage. Kemudian pada Controller: IDE, klik icon CD yang berlabelkan "empty" kemudian pada Attributes, klik icon CD yang berisi tanda panah ke bawah dan pilih "Choose a virtual CD/DVD disk file" kemudian pilih image Android x86  yang telah Anda unduh tadi. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya, masih pada Settings, pilih Network Kemudian klik tab Adapter 2 dan berikan check pada "Enable Network Adapter". Kemudian pada pilihan "Attached to", pilih "Host only Adapter" kemudian klik OK. Selanjutnya adalah klik Start untuk menjalankan Virtual Machine Anda dan tunggu hingga sistem operasi Android berjalan.

Jika Android anda sudah berjalan, (silahkan unlock terlebih dahulu kuncinya) tekan tombol ALT + F1 dan anda akan memasuki console mode dan layar anda akan seperti gambar di bawah ini.

Pada langkah ini kita perlu mengetahui IP Address dari virtual machine kita, yang nantinya diperlukan untuk berkomunikasi dengan Eclipse. Ketikan perintah berikut:

netcfg

Anda akan melihat informasi adapter virtual machine anda seperti gambar di bawah ini:

Pada informasi tersebut kita bisa melihat bahwa status dari eth1 adalah DOWN. Untuk dapat berkomunikasi dengan Eclipse kita harus mengubah status eth1 menjadi UP dan mendapatkan IP Addressnya. Selanjutnya ketikan perintah berikut secara berurutan:

netcfg eth1 down
netcfg eth1 dhcp
netcfg eth1 up

Jika tidak ada masalah dengan perintah-perintah di atas,  maka status dari eth1 akan menjadi UP dan kita bisa melihat IP Addressnya dengan mengetikan perintah netcfg sekali lagi. Jika berhasil, informasi dari netcfg seperti gambar berikut:


Pada gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa etch1 telah berstatus UP dengan IP Address 192.168.56.101

Langkah selanjutnya adalah mengkomunikasikan Android SDK anda dengan Virtual Machine. Silahkan buka Command Prompt anda melalui Windows -> Accessories-> Command Prompt atau Run -> cmd. Kemudian anda harus masuk ke dalam direktory platform-tools pada direktory Android SDK anda. Android SDK saya berada di C:\adt-bundle\sdk jadi perintah yang harus saya ketikan adalah:

cd c:/adt-bundle/sdk/platform-tool

Jika anda sudah berhasil bernavigasi ke direktory platform-tools selanjutnya anda perlu mengkomunikasinya SDK anda dengan Virtual Machine anda dengan mengetikan perintah berikut:

adb connect <ip address>

Saya telah mengetahui bahwa IP Address dari eth1 adalah 192.168.56.101 maka saya harus mengetikan perintah berikut:

adb connect 192.168.56.101

Jika tidak ada masalah maka system akan menampilkan pesan seperti gambar di bawah ini.


Nah jika berhasil, kembali ke Virtual Machine anda dan tekan ALT + F7 untuk kembali ke mode GUI Android. Selanjutnya silahkan buka Eclipse anda untuk mencoba menjalankan Aplikasi anda. Klik Kanan pada project Android Anda kemudian pilih Run as ->Andorid Application maka anda akan melihat Virtual Machine akan langsung terdeksi oleh Eclipse dan proses compile akan jauh lebih cepat. Silahkan rasakan kecepatan running aplikasi anda pada Virtual Machine.



Oke sekian dulu tulisan saya kali ini. Semoga membantu pengembang aplikasi Android sebangsa dan setanah air. Peace :D

12 komentar:

  1. virtual box itu apa kakak?
    sama kayak mozila ya?

    BalasHapus
  2. @iseng ajah: Virtual Box itu emulator. Memungkinkan anda menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi.

    BalasHapus
  3. Gmn cara menampilkan mouse Mas ? Dan waktu Sign in ke google kok gak bisa ?

    Dengan keluar pesan :

    Couldn't sign in
    Can't establish a reable conenection to the server

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udh coba.. tp mouse nya gak keluar

      Hapus
    2. pake tombol ctrl pada sebelah kanan keyboard + i. Ntar kalo mau keluar dari simulasinya klik ctrl + i lagi

      Hapus
  4. eth1 ku kok gak ada ya??
    adanya cuma eth0 saja,
    salahnya dimana kaka???

    BalasHapus
  5. berarti settingnya di ethernet 0

    BalasHapus
  6. etch1 dan eth0 semua nilainya 0.0.0.0
    gmna itu caranya kakak?

    BalasHapus
  7. kalo jaringan modem juga sama aja apa gimana , n OS Androidnya , yg paling bagus apa min ...????

    BalasHapus
  8. virtual box itu semacam apa ya..? apa bisa dimakan..?

    BalasHapus
  9. makasih gan infonya


    Download Sekarang App Isi Ulang Voucher Pulsa , Token , Maupun Pembayaran PPOB Melalui Smartphone Android.Lebih Mudah , Cepat dan Tepat & Bisa Di Pergunakan Kapan dan DiMana Saja Anda Berada. Klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    BalasHapus