Senin, 13 Desember 2010

Beberapa Cara Menjalankan Pascal Pada Linux Ubuntu

Halo, akhirnya bisa posting lagi nih. Sudah lama pengen posting tapi ga sempet karena tugas kuliah yang numpuk. OKe pada tulisan kali ini saya akan menceritakan beberapa cara yang bisa kita lakukakan agar bisa menjalankan compiler pascal di Linux. Sebenarnya saya menggunakan Linux Ubuntu sih. Tapi cara ini ga masalah klo digunakan di distro lain.


OKeh langsung aja. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan ?untuk belajar dan menginstal pascal di linux. Diantaranya.

1. Menggunakan Wine

Apa itu Wine? Wine adalah singkatan dari Wine Is Not Emulator. HA HA HA aneh ya? Tapi sebenarnya emang kayak emulator koq. Wine adalah aplikasi linux yang digunakan untuk menjalankan aplikasi windows. Jadi tentu kamu bisa menggunakan Wine untuk menjalankan pascal untuk windows di Linux bukan (Pascal for Windows)? Tentu sebelumnya kamu harus menginstall wine terlebih dahulu pada linux kamu. JIka kamu pengguna Ubuntu, kamu bisa menginstallnya lewat terminal. ketikan: $sudo apt-get install wine. Namun pastikan kalo komputer kamu terhubung dengan internet waktu menginginstallnya. Saya anggap kamu sudah menginstall wine. Untuk memastikan kamu sudah menginstallnya, kamu bisa lihat di menu Applications > Wine. Kemudian inilah langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya.
   
    > Copy folder yang berisikan Pascal (TPW.exe) yang kamu punya ke home.
    > Klik kanan pada tpw.exe dan pilih properties.
    > Pilih pada tab permission dan berikan  centang pada allow executing file as program kemudian close
    > Pada tab Open With, pilih Wine WIndows Program Loader.

Okeh selanjutnya kamu tinggal membukanya saja deh. Kayak gini nih tampilannya kalo menjalankan pascal dengan wine.



2. Menggunakan Dosbox

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan Dosbox. Seperti wine, kamu juga harus menginstallnya terlebih dahulu. Ketikan: $sudo apt-get install dosbox di terminal kamu untuk menginstallnya. Selanjutnya setelah kamu menginstal dosbox, yang perlu kamu lakukan adalah:

    > Copy folder Pascal kamu ke home.
    > Buka Dosbox yang kamu sudah install tadi, Application > Games > Dosbox.
    > Nah setelah Jendela Dosbox muncul, kamu akan menemukan tampilan seperti Command Prompt seperti di Windwos.
    > Ketikan: mount c /home/[nam_user]/[folder_pascal. Nama user saya asha dan nama folder pascal saya yang ada di home Psc, jadi saya harus mengetikan: mount c /home/asha/Psc. Jadi kamu harus menyesuaikan nama user kamu dan nama folder Pascalnya.
    > Setelah muncul pesan Drive C is mounted as local directory /home/[nama_user]/[folder_pascal], kemudian ketikan c: dan tekan enterPX
    > ketikan c:\> BIN\TPX dan enter.



3. Yo yo yo. Ini dia cara yang terakhir dan paling gampang. Sebenernya sudah ada koq compiler pascal khusus untuk Linux. Ha ha ha ha ha. Kamu tinggal menginstallnya dengan cara mengetikan $sudo apt-get install fp-ide di terminal. Nanti sendirnya akan terinstal compiler pascal (KENAPA GA BILANG DARI TADI?). Kemudian cara menggunakannya, tinggal ketikan $fp di terminal maka siap digunakan deh.


4. Kalo compilernya udah terinstall, anda juga bisa pake ide yang jalan di linux seperti geany (sudo apt-get install geany). Geany adalah IDE yang powerfull dan ringan.

Okeh, sekian untuk tulisan kali ini. Terserah kamu aja, mau menggunakan cara yang mana. Tapi hasilnya sama saja koq. Jadi selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
   
  

4 komentar:

  1. Tambahan, gunakan geany, selain mendukung pascal juga mendukung banyak bahasa pemrograman lainnya, dengan GUI yg bagus, bantuan (debug, compile, run), serta otomatis ada template dari bahasa pemrograman yg kita pilih.

    Di ubuntu install dengan cara apt-get install geany

    BalasHapus
  2. Knpa punya saya gak bsa pasti stlah diketik kodenya muncul pesan seperti brikut:
    E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)
    E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/), is another process using it?

    BalasHapus
  3. coba pake sudo su apt-get install geany

    BalasHapus
  4. gan tau cara stop eof di pascal gak. kan pake eof(input), terus pas di stop malah keluar dari terminal, bukannya nampilin output nya , ada solusi gaknya gan..

    BalasHapus