Selasa, 21 Agustus 2012

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Memutar .mp4 Menggunakan VLC di Mageia2

Beberapa hari yang lalu setelah berkunjung ke distrowatch.com saya sedikit tertarik setelah melihat Page Hit Ranking dari distrowatch. Memang sudah agak lama  saya tidak ber kunjung ke distrowatch. Biasanya Rank dari 1 sampe 5 ditempati oleh distro-distro tua seperti Debian, Ubuntu, LinuxMint, Fedora dan OpenSuse. Tapi ada penampakan baru. Saat saya mengakses distrowatch, Mageia ada di urutan ke 3. Wah luar biasa. Distro ini tergolong masih sangat baru dan merupakan fork dari Mandriva. Sangat menarik, dan sayapun mencoba untuk mengeksplorasi Distro yang satu ini.

Kemudian beberapa hari kemudian saya memesan distro ini dari teman saya dan akhirnya saya install juga di Laptop milik saya. Proses instalasi berjalan dengan lancar. Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar satu jam. Saat proses installasi kita diminta untuk memilih DE yang ingin kita gunakan jadi saya gunakan KDE.

Oke setelah instalasi berhasil, saya mulai menginstal beberapa aplikasi yang sudah tersedia di DVD Mageia. Cukup banyak dan komplit. Salah satu aplikasi favorit saya yaitu VLC. Tidak lupa saya juga menginstall codec yang diperlukan. Dan mulailah saya mencoba untuk memutar sebuah video yang saya download dari youtube dengan format .mp4. Ternyata video tersebut tidak bisa diputar, padahal codec yang diperlukan sudah saya install semua. Ketika mencoba memutar dengan VLC keluar pesan seperti ini, 
No suitable decoder module:
VLC does not support the audio or video format "mp4a". Unfortunately there is no way for you to fix this.

Setelah tanya di berbagai forum, ternyata VLC dari repo Core memang kurang lengkap. Mungkin pluginnya yang kurang lengkap. Dan ternyata memang banyak pengguna Mageia mengalami masalah yang sama. Jadi, untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana. Yaitu install ulang VLC, namun bukan dari repo Core melainkan VLC dari repo Tainted.

1. Pertama buka Mageia Control Center, kemudian pilih Configure media sources for install and update
2. Pilih repo Tainted dan hilangkan centang dari repo core.
3. Terakhir dari Mageia Control Center pilih Install and Remove Software
4. Uninstall terlebih dahulu VLC dari repo core, kemudian install VLC dari repo Tainted. (beserta dengan pluginnya)

Nah selesai. Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. bagimana caranya menginstall vlc dari repo tainted....sorry, baru nih di linux

    BalasHapus